Tips bisnis

Takut Customer Pindah Hati ke Kompetitor? Terapkan Tips Bisnis ini!

Apakah Anda punya bisnis yang sudah berjalan cukup lancar? Namun, Anda masih bingung bagaimana membuat customer yang membeli produk Anda bisa kembali terus dan jadi pelanggan tetap bisnis? Jika Anda pernah mengalami situasi tersebut, simak tips bisnis berikut yang bisa membuat customer menjadi pelanggan tetap Anda!

Mengapa Harus Pelanggan Tetap?

Sebagai seorang pemilik bisnis, mencari profit sebanyak-banyaknya memang menjadi tujuan utama. Namun, berbisnis tidak sebatas mencari profit. Lebih dari itu, Anda harus bisa membangun hubungan yang baik dengan customer.

Membangun hubungan yang baik dengan customer sangatlah berdampak baik bagi sebuah bisnis, salah satunya dapat mengubah customer menjadi pelanggan tetap. Dengan memiliki pelanggan tetap, Anda bisa menerapkan strategi yang lebih maksimal dan membuat pelanggan tersebut kembali membeli dengan jumlah yang besar.

Walau begitu, mempertahankan pelanggan di bisnis tidaklah lebih mudah dari mencari pelanggan baru. Jadi, dibutuhkan strategi serta untuk membuat customer tetap membeli produk di bisnis.

Baca juga:

Tips Bisnis Membuat Customer menjadi Pelanggan Tetap

Tips bisnis yang bisa Anda lakukan untuk mengubah customer menjadi pelanggan tetap yaitu melalui strategi Repeat/Customer!

Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly menjelaskan bahwa tips bisnis ini bertujuan untuk membuat customer kembali membeli produk di bisnis Anda lebih sering dari biasanya. Tips ini terdiri dari :

Simple but Powerful Voucher

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat voucher yang sederhana. Disini, Anda bisa membuat penawaran menarik di voucher seperti pembelian gratis produk atau jasa yang hanya berlaku jika menukarkan dengan voucher tersebut.

Anda bisa menambah waktu expired date di voucher yang Anda buat, misalnya voucher berlaku dibelanjakan maksimal 2 minggu setelah kunjungan pertama. Hal ini dapat membuat customer kembali lebih sering daripada rata-rata 1,5 bulan sekali saja.

Weekly Or Monthly Special

Selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan waktu dan momen spesial kepada customer tetap Anda. Tips bisnis ini dilakukan dengan memanfaatkan data customer yang Anda miliki, seperti nama lengkap, nomor telepon, dan nomor WhatsApp.

Anda bisa melakukan penawaran terbatas kepada customer yang sudah lama tidak membeli produk atau jasa Anda. Misalnya, Anda bisa mengirim promosi jasa cuci motor gratis melalui WhatsApp kepada customer Anda, yang tidak kembali mencuci motor dalam 6 bulan terakhir

Tips bisnis ini dapat memancing customer Anda kembali menggunakan jasa Anda, dan akan kembali setelah menggunakan promosi.

Tips bisnis

Milestone Loyalty Program

Tips bisnis terakhir yang bisa Anda gunakan adalah melalui milestone loyalty program. Cara ini dilakukan melalui reward yang berbeda kepada customer setiap melakukan pembelian.

Contohnya, Anda mempunyai bisnis laundry. Pada pembelian pertama, Anda menerapkan harga normal Rp7000/kg diluar setrika. Lalu, untuk pembelian kedua sampai keempat, Anda memberikan bonus harga normal + setrika. Dan di pembelian kelima, Anda memberikan harga khusus 5000/kg + setrika.

Apakah Anda sudah siap menerapkan tips bisnis ini pada bisnis Anda?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *