strategi pemasaran frozen food

Strategi Pemasaran Frozen food Ini Bikin Bisnis Frozen food Anda Laris Manis!

Saat ini, banyak orang yang memanfaatkan kepraktisan frozen food karena punya peluang bisnis yang besar. Bagaimana caranya? Simak strategi pemasaran frozen food agar bisnis frozen food Anda laris manis!

Kelebihan Frozen food

Sebagai makanan siap saji, frozen food sangat digemari oleh masyarakat umum, khususnya untuk orang-orang yang tidak memiliki waktu banyak untuk memasak.

Pandemi yang memaksa masyarakat untuk tetap stay at home juga menambah tren frozen food di pasaran. Masyarakat yang sulit keluar rumah untuk mencari makan, bisa men-stock frozen food di rumah.

Dilihat dari nutrisi, frozen food juga tidak kalah dengan makanan siap saji lainnya. Dilansir dari website The Academy of Nutrition and Dietetics of USA, frozen food dapat menyimpan vitamin dan mineral serta tidak mengubah kandungan protein, lemak, serta karbohidrat didalamnya.

Dengan segudang kelebihan yang ditawarkan frozen food, saat ini banyak orang yang menjadikan frozen food sebagai produk bisnis. Lalu, bagaimana strategi pemasaran frozen food supaya bisa laris diterima pasar?

Baca juga:

Strategi Pemasaran Frozen food: Perhatikan specific WHO dan Relevant WHERE-nya!

Strategi pemasaran frozen food yang pertama adalah dengan memperhatikan target customer atau specific WHO.

Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly menjelaskan bahwa pemilik bisnis harus memikirkan siapa specific WHO yang paling mungkin membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Specific WHO dari frozen food misalnya adalah wanita pekerja kantoran berusia 27-40 tahun dan punyaanak yang berumur dibawah 10 tahun sehingga tidak punya banyak waktu untuk memasak.  

Lalu, setelah Anda mengetahui siapa saja specific WHO dari bisnis frozen food, maka selanjutnya Anda harus mencari lokasi (relevant WHERE) atau tempat dimana calon customer Anda berlalu lalang.

Jika melihat dari specific WHO Anda yang memiliki karakteristik tidak punya banyak waktu dan sibuk seperti pekerja kantoran, maka Anda bisa menjualnya di supermarket atau minimarket yang sering dilalui pekerja kantoran setiap pulang kerja.

Strategi Pemasaran Frozen food: Leads Conversion!

Untuk meningkatkan jumlah penjualan, maka Anda harus mengkonversi orang-orang yang datang ke toko Anda supaya melakukan pembelian dalam jumlah banyak.

Untuk itu, strategi pemasaran frozen food yang bisa Anda lakukan adalah melalui strategi leads conversion dari 4 Kaki Meja bangun bisnis sukses yang Profitable & AUTO-PILOT oleh Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly.

Beberapa contoh dari strategi ini yang bisa diterapkan yaitu:

Special offer

Cara ini bisa Anda lakukan melalui penawaran spesial atau harga yang lebih menarik dibanding kompetitor. Dengan begitu, customer akan tertarik untuk melakukan pembelian dalam jumlah banyak. Perlu diingat, ini merupakan pricing strategy, bukan perang harga ya!

strategi pemasaran frozen food

Scarcity

Cara ini dilakukan dengan membatasi jumlah stok produk yang Anda promosikan kepada calon customer. Mengingat perilaku calon customer yang lebih mudah mengambil keputusan ketika jumlah stok/waktu terbatas, maka tips scarcity ini bisa membuat jumlah pembelian produk semakin lebih cepat dan banyak.

Urgency

Anda bisa membuat batasan waktu untuk menjual atau menawarkan produk frozen food Anda. Biasanya, calon customer akan melakukan keputusan pembelian lebih cepat jika jangka waktu yang ditawarkan terbatas atau mepet.

Contohnya, Anda bisa memanfaatkan midnite sale dimana produk Anda hanya dijual dalam 1 malam saja, atau melalui hari belanja online nasional (harbolnas) dimana penjualan hanya dilakukan hari itu saja secara online.

Sudah tahu kan strategi pemasaran frozen food itu seperti apa? Yuk segera terapkan!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *