sales strategy

Sales strategy Ini Bikin Sales team Anda Jago Jualan!

Capek ngatur sales team jualan, tapi hasilnya tetap tidak maksimal? Yuk latih sales team Anda biar lebih jago jualan dengan Sales strategy berikut!

Seberapa Penting Peran Sales team dalam Bisnis?

Sales team adalah ujung tombak dalam sebuah bisnis. Dan juga menjadi bagian penting yang berperan bertemu langsung dengan calon customer, serta menawarkan produk atau jasa.

Lalu, keputusan pembelian pada umumnya bergantung dari seberapa bagus sales team menawarkan produk atau jasa ke calon customer.

Jika sales team yang menawarkan sudah memiliki pengalaman yang cukup panjang dalam berhadapan langsung ke calon customer, maka tidak sulit untuk mengkonversi calon customer tersebut menjadi customer.

Lain halnya jika sales team yang ada di bisnis belum begitu berpengalaman serta sulit berinteraksi dengan calon customer. Bukannya calon customer melakukan pembelian, justru calon customer menghindar dari sales team yang mendekatinya.

Jika sales team sudah ada yang seperti ini, maka pemilik bisnis harus bisa melatih sales team-nya supaya bisa berjualan dengan lebih baik. Lalu, apa sales strategy yang cocok untuk melatih sales team?

Baca juga:

Cara Melatih Sales team Melalui Strategi Conversion Rate

Pemilik bisnis bisa melatih sales team melalui Sales strategy conversion rate dari 4 Kaki Meja Bangun Bisnis Sukses yang Profitable & AUTO-PILOT oleh Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly.

Sales strategy ini terdiri dari 3 langkah, yaitu:

Sales Script

Sales strategy  pertama, Anda bisa membuat guide atau manual paper mengenai cara menawarkan produk kepada customer. Anda bisa ingat-ingat kembali, apa saja yang pernah atau sering Anda katakan ketika menawarkan produk/jasa kepada customer.

Dalam membuat sales script, Anda juga bisa meminta bantuan kepada rekan sales person yang mempunyai pengalaman lebih di bidang ini. Referensi melalui orang yang berpengalaman membuat script Anda bisa lebih lengkap lagi nantinya.

Usahakan sales script yang dibuat memuat 1 halaman penuh dan isinya benar-benar akurat untuk mengkonversi calon customer menjadi customer.

sales strategy

FAQ (Frequently Asked Question)

Sales strategy kedua, Anda bisa membuat FAQ. Jika sales script adalah pertanyaan yang paling sering sales team ucapkan kepada calon customer, maka FAQ adalah jawaban dari pertanyaan yang sering diajukan calon customer ketika hendak membeli produk/jasa.

Anda dan sales team bisa menulis semua FAQ tersebut beserta jawabannya. FAQ ini sangat bermanfaat bagi semua sales team Anda, karena FAQ ini juga bisa menjadi panduan bagi sales team, terutama yang  masih baru untuk menjawab pertanyaan yang dilontarkan calon customer.

Selain itu, FAQ juga berguna untuk mengajari sales team tanpa perlu berulang-ulang. Nantinya, Anda bisa membagikan FAQ kepada seluruh sales team Anda, dan sales team bisa memahami dan mengingat isi FAQ tersebut.  

Role Playing

Sekarang, sales team Anda sudah mempunyai 2 panduan. Pertama adalah sales script, dan kedua adalah FAQ. Untuk melatih sales team mengkonversi lebih banyak calon customer lagi, Anda bisa melakukan simulasi yang membuat seolah-olah sales team Anda sedang berhadapan dengan calon customer.

Simulasi ini bisa dilakukan melalui role playing, dimana Anda membagi sales team menjadi 2 kelompok yang berbeda, kelompok customer dan sales team. Nantinya, kelompok sales team akan melakukan penjualan menggunakan 2 panduan yang sudah dibuat (sales script dan FAQ).

Anda bisa melakukan role playing ini secara rutin, guna membuat sales team semakin terbiasa dengan situasi penjualan. Semakin sering Anda melatih  sales team melalui simulasi role playing ini, maka nantinya sales team akan lebih mudah untuk mengkonversi calon customer berdasarkan panduan yang sudah dibuat. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *