Metode Rekrutmen

Metode Rekrutmen Ini Bikin Anda Punya SuperTEAM!

Makan hati sama karyawan karena kinerjanya tidak maksimal? Sudah mencoba segala cara supaya bisnis bisa berjalan lebih efektif, tapi hasilnya tidak sesuai keinginan? Sudah saatnya Anda punya SuperTEAM di bisnis melalui metode rekrutmen berikut ini!

Pentingnya Karyawan Bagus di Bisnis Anda

Bisnis tidak hanya bicara tentang produk/jasa, melainkan tentang orang nya juga. Disini, karyawan adalah salah satu aset yang berperan penting bagi keberlangsungan suatu bisnis.

Untuk bisa mendapatkan karyawan yang bagus, banyak pemilik bisnis yang berlomba-lomba membuat lowongan pekerjaan semenarik mungkin, bahkan beberapa menggunakan executive search dan head hunter untuk berbagai posisi atas.

Namun ternyata meskipun sudah rekrut karyawan berkali-kali dan menggunakan jasa head hunter, tidak sedikit pemilik bisnis yang kecewa dan gagal mendapatkan karyawan sesuai ekspektasinya

Baca juga:

Nah jika Anda juga mengalami permasalahan yang sama, yuk simak metode rekrutmen menggunakan GRATYO® Power Recruitment agar bisa punya karyawan next level!

Metode Rekrutmen Karyawan Melalui GRATYO® Power Recruitment

GRATYO® Power Recruitmentadalah sebuah metode rekrutmen yang dicetuskan oleh Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly. Bedanya dengan metode lain, GRATYO Power Recruitment berfokus pada soft skill, bukan sekedar pada hard skill melalui 3 langkah besar sebagai berikut:

Pre-GPR

Pada langkah pertama metode rekrutmen, Anda bisa membuat iklan lowongan semenarik mungkin menggunakan format AIDODA.

AIDODA adalah salah satu cara membuat iklan yang efektif dengan mendasarkan dari segi Attention, Interest, Dance with Objection, Desire, dan Action.

Setelah itu, Anda bisa mengundang calon karyawan Anda kedalam suatu grup interview yang berdurasi 3 jam. Melaui screening curriculum vitae (CV) secara bersamaan, Anda bisa menghemat waktu dalam proses penyaringan karyawan. Indikator penilaian dalam screening bisa dari IPK dan juga pengalaman.

Lalu, setelah berhasil meng-screening CV kandidat, Anda bisa mengundang calon karyawan untuk mengikuti tes tertulis. Calon kandidat akan mengerjakan tes ini secara bersama-sama pada satu ruangan.

Metode Rekrutmen

GPR Session

Langkah ini dilakukan ketika semua peserta sudah hadir di tempat Anda melakukan GPR. GPR terbagi menjadi A/B/C Interview. Pada tahap A/bility, Anda bisa meminta calon karyawan untuk mengisi form yang berisi data calon karyawan serta melakukan attitude dan aptitude test Hal ini penting untuk mengetahui karakter masing-masing kandidat Anda.

Lalu selanjutnya, Anda bisa melanjutkan ke tahap B/ehaviour. Pada tahap ini, Anda ataupun Human Capital Team bisa berkenalan lebih dekat dengan calon kandidat dengan bertanya mengenai pencapaian/pengalaman terbaik kandidat.

Anda bisa mengakhiri tahap ini dengan mengobservasi karakter calon karyawan melalui beberapa pertanyaan.

Post GPR

Pada langkah terakhir ini, Anda bisa mengajak HRD atau manager untuk mengobservasi secara spontan mengenai para kandidat yang sudah melewati GPR session. Nantinya, calon kandidat bisa melakukan 1-on-1 interview dengan manager di divisi yang dilamar.

Seperti truth serum atau bertanya mengenai gaji sebelumnya. Disini, interviewer bisa memastikan apakah calon kandidat jujur/berbohong mengenai gaji di perusahaan sebelumnya, dengan bertanya secara lisan, atau dengan slip gaji, atau juga dengan surat referensi perusahaan sebelumnya.

Yuk terapkan GRATYO® Power Recruitment untuk mendapatkan SuperTEAM di bisnis Anda! Yuk segera terapkan!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *