Cara rekrut karyawan

Cara Rekrut Karyawan ini Bisa Buat Karyawan Anda Menjadi SuperTEAM!

Ingin punya karyawan yang kompeten? Tapi tidak tahu bagaimana cara rekrut karyawan yang efektif? Pahami karakter karyawan ini agar tidak salah rekrut dan punya SuperTEAM di bisnis!

Pentingnya SuperTEAM di Bisnis!

Dalam praktiknya, pemilik bisnis biasanya dihadapkan oleh 4 pihak, yaitu money, suppliers, customers, dan team. Tentunya, pemilik bisnis bukanlah seorang Superman yang bisa meng-handle ke 4 pihak tersebut secara bersamaan.

Untuk itu, pemilik bisnis harus memilih salah satu dari pihak tersebut. Namun, pihak mana yang harus difokuskan pemilik bisnis? Jawabannya adalah team!

Jika pemilik bisnis berhasil mengatur team dengan baik, maka team tersebut performanya akan terus meningkat sehingga hubungan dengan customers dan suppliers juga berjalan dengan lancar. Dengan begitu, pemilik bisnis bisa mendatangkan omzet atau money kedalam bisnis.

Dengan berfokus pada team atau karyawan, maka Anda bisa menyentuh 3 pihak lainnya secara tidak langsung. Team yang Anda bangun secara baik nantinya akan go to the next level menjadi SuperTEAM!

Dengan pentingnya peran team atau karyawan di bisnis, Anda harus bisa memiliki karyawan yang berkompeten di divisinya masing-masing. Lalu, bagaimana cara rekrut karyawan yang benar dan bisa bekerja secara maksimal di bisnis Anda?

Baca juga:

Cara Rekrut Karyawan : Sesuaikan Dengan Karakternya!

Satu hal yang perlu Anda ketahui, setiap orang memiliki karakter yang unik dan berbeda. Karakter adalah faktor yang mempengaruhi cocok atau tidaknya seseorang di posisi tersebut.  Anda harus bisa merekrut orang-orang dengan karakter yang Anda sesuai.

Menurut Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly, ada 4 jenis karakter karyawan di bisnis yang bisa Anda tempatkan sesuai kriterianya:

Orang D atau Dominance

Tipe orang pertama adalah orang D atau dominance. Tipe orang ini sangat task oriented dan proaktif terhadap tugas yang dijalani. Orang ini juga memiliki inisiatif yang tinggi, dimana Ia dapat melakukan tugas sesuai dengan arahan.

Cara rekrut karyawan yang memiliki karakter D atau dominance adalah dengan menempatkannya pada posisi yang strategis, serta mengedepankan kepemimpinan dalam sebuah team, seperti Leader, Manager, Supervisor, Director dan CEO.

Cara rekrut karyawan

Orang I atau Influence

Tipe orang I lebih mengedepankan komunikasi, dan mampu mempengaruhi serta menjaga hubungan dengan orang lain. Karena kepribadian seperti inilah karakter tipe I selalu dikelilingi oleh orang-orang di sekitar.

Anda bisa merekrut karyawan yang memiliki kelebihan di tipe I untuk posisi yang mengedepankan komunikasi serta lebih sering bertemu dengan orang lain seperti di divisi marketing & sales dan business development.

Orang S atau Steadiness

Tipe karakter karyawan ini cenderung stabil dan sangat fokus ke orang sekitar (people oriented). Tipe orang ini juga loyal dan mampu mendengarkan keluhan orang sekitar dengan baik (good listener). Oleh karena itu, orang S dapat membuat keadaan di lingkungan bisnis menjadi lebih harmonis.

Anda bisa merekrut karyawan yang memiliki kelebihan di tipe S untuk posisi Human Resource atau Human Capital.

Orang C atau Compliance

Orang dengan tipe C cenderung sangat fokus terhadap tugas yang diberikan. Tipe ini juga teliti dalam mengerjakan pekerjaan, dan mengedepankan prosedur dalam pelaksanaanya. Orang ini sangat attention to detail dalam memahami informasi yang ada, termasuk angka-angka.

Anda bisa merekrut karyawan yang memiliki kelebihan di tipe C untuk posisi Finance and Accounting.

Sudah tahu kan cara rekrut karyawan di bisnis seperti apa? Yuk segera terapkan dan buat SuperTEAM di bisnis Anda!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *