cara promosi online

Cara Promosi Online Ini Bikin Produk Kamu Semakin Dibeli Calon Customer!

Produk atau jasa yang Anda jual laku dan omzet dibawah target? Yuk terapkan cara promosi online berikut ini!

Pentingnya Promosi Online

Dulu para pemilik bisnis cenderung memilih teknik promosi secara konvensional. Cara promosi ini dilakukan dengan membuat brosur atau selebaran lalu dibagikan ke calon customer yang berpotensi melakukan pembelian.

Namun, perlu diingat bahwa pemilik bisnis harus bisa mengikuti kemana arah perginya specific WHO. Sangat relevan jika pemilik bisnis membuat brosur ataupun poster di jalanan pada era dulu, karena teknologi smartphone dan internet masih sangat terbatas.

Di era digital seperti sekarang, perilaku customer juga ikut berubah. Dulu jika orang-orang ingin berbelanja, maka orang tersebut harus melangkahkan kakinya keluar untuk membeli produk yang diinginkan.

Saat ini, calon customer tersebut sudah bisa memesan produk yang diinginkan hanya dengan sekali tekan, tanpa harus keluar rumah. Hal ini menyebabkan calon customer yang awalnya bisa menjadi target promosi di jalanan, sekarang berubah ke dunia digital, yaitu internet.

Baca juga:

Untuk itu, Anda sebagai pemilik bisnis harus bisa mengikuti arahnya specific WHO, yaitu di internet melalui cara promosi online!

Cara Promosi Online

Cara promosi online bisa Anda lakukan melalui GRATYO® Internet & Digital Marketing Framework yang dicetuskan oleh Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly.

Cara promosi online ini terbagi menjadi 2 strategi, yaitu existence dan interception.

Existence atau eksis di dunia calon customer

Cara promosi online yang pertama adalah dengan membuat bisnis Anda exist di setiap platform saat calon customer melakukan penjelajahan di internet.

Anda bisa mengawalinya dengan membuat website bisnis Anda muncul di setiap halaman pertama hasil pencarian Google. Anda bisa mempromosikan produk/jasa Anda melalui website, serta membuat website lebih Google friendly supaya lebih mudah  ditemukan calon customer.

Untuk menambah peluang website Anda selalu muncul saat calon customer mengetik keyword atau kata kunci di Google, Anda bisa mengoptimasi website Anda (Search Engine Optimization) dengan berfokus pada kata kunci yang biasa diakses calon customer.

Anda juga bisa memanfaatkan marketplace platform yang bisa Anda akses secara gratis. Selain itu, media sosial dan video platform (Youtube, Tiktok) juga bisa menjadi sarana Anda mempromosikan produk/jasa.

Interception atau mencegat calon customer

Di internet, Anda bisa mempromosikan produk/jasa secara online, layaknya promosi yang konvensional. Setelah itu, Anda bisa “mencegat” atau meng-intercept calon customer melalui promosi yang Anda lakukan.

cara promosi online

Cara promosi online tersebut bisa Anda lakukan melalui Search Engine Marketing (SEM). Untuk melakukan promosi dari search engine, Anda bisa menggunakan fitur Google Pay Per Click dari Google Ads. Cara promosi ini sangat membantu bisnis Anda, karena iklan Anda secara otomatis muncul di bagian paling atas di halaman pertama.

Selain menggunakan search engine, Anda juga bisa “mencegat” calon customer melalui promosi di sosial media (Social Media Marketing). Ada banyak sosial media yang bisa Anda manfaatkan, dengan berbagai karakteristik calon customer yang menggunakannya, seperti Instagram Ads dan Facebook Ads.

Yuk terapkan cara promosi online di bisnis Anda!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *