cara meningkatkan kinerja karyawan

Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan ini bikin Anda Punya SuperTEAM di Bisnis!

Kinerja karyawan di bisnis tidak sesuai harapan? Ingin melatih karyawan supaya lebih baik dalam bekerja, tapi tidak tahu caranya? Yuk simak cara meningkatkan kinerja karyawan agar Anda bisa membangun SuperTEAM di bisnis!

Mengapa Harus SuperTEAM?

Salah satu aset paling berharga di bisnis adalah right people atau punya karyawanyang tepat di bisnis. Bisnis yang punya karyawan yang tepat, bekerja dengan optimal dan sesuai target yang ditentukan tentunya akan membawa bisnis ke level yang lebih tinggi.

Namun bisnis yang karyawannya kerja asal-asalan hanya akan membuat bisnis makin merosot karena target yang diinginkan tidak tercapai. Akibatnya pebisnis harus bekerja ekstra untuk mengerjakan ulang pekerjaan karyawan dan bisnis tidak bisa berkembang.

Lalu sekarang pertanyaannya, bagaimana cara meningkatkan kinerja karyawan atau team di bisnis?

Baca juga:

Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan

Untuk bisa meningkatkan kinerja karyawan dan membangun SuperTEAM di bisnis, Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly, Anda harus menerapkan 5 langkah praktis ini:

Langkah 1: Forming

Langkah pertama untuk memiliki superteam adalah merekrut orang yang tepat (right people), menempatkannya di posisi yang tepat (right place) dan pada saat yang tepat (right time).

Langkah forming sangat menentukan keberhasilan pebisnis dalam membangun superteam. Jika pebisnis merekrut orang yang salah dan menempatkannya di posisi yang salah pula, maka pebisnis selamanya tidak akan pernah memiliki superteam.

Langkah 2: Storming

Dengan berbagai macam latar belakang anggota team yang baru bergabung di bisnis Anda, maka akan ada kemungkinan terjadi gesekan ataupun konflik kecil di bisnis. Hal ini biasanya terjadi karena perbedaan nilai dan budaya yang dipegang masing-masing anggota. Tak jarang, miscommunication juga sering terjadi di fase ini.

Oleh karena itu langkah kedua yang harus dilakukan oleh pebisnis adalah melakukan penyesuaian dan adaptasi internal team misalnya dengan melakukan training dan kegiatan internal lain agar team bisa membaur dan mengenal nilai-nilai dan budaya bisnis.

cara meningkatkan kinerja karyawan

Langkah 3: Norming

Di fase ini, Anda sebagai pemilik bisnis mulai melihat perubahan secara perlahan di team Anda. Anggota yang awalnya belum begitu dekat pelan-pelan sudah menunjukan alignment, serta mengerti pekerjaan anggota satu sama lain.

Situasi pada fase ini juga cenderung lebih kondusif dibanding sebelumnya. Walau terlihat baik, Anda masih belum melihat pencapaian atau hasil dari team di fase ini.

Langkah 4: Performing

Pada fase ini, hubungan di team Anda sudah semakin erat dan termotivasi untuk bekerja mencapai satu tujuan yang sama. Anda pun juga sudah melihat pencapaian yang dihasilkan dari team.

Langkah 5: Re-Forming

Di fase terakhir ini, tentu semua karyawan di team Anda sudah mencapai titik dimana dapat bekerja secara optimal. Namun, bisa saja ada anggota team yang mulai jenuh atau terlalu santai, yang nanti berakibat pada penurunan kinerja.

Untuk itu, Anda bisa melakukan Re-Forming.Re-Forming ini dapat Anda lakukan dengan berbagai cara, seperti memindahkan karyawan ke divisi lain, selama masih menguasai jobdesk tersebut. Atau, mempromosikan karyawan Anda ke tanggungjawab yang lebih tinggi.

Sudah tahu kan cara meningkatkan kinerja karyawan di bisnis? Yuk mulai bangun SuperTEAM Anda!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *