Cara Memotivasi Karyawan

Cara Memotivasi Karyawan di Bisnis agar Punya SuperTEAM!

Sering makan hati sama karyawan Anda yang kinerjanya begitu-begitu saja? Sudah sering melakukan bonding supaya kerjasama karyawan meningkat, tapi tidak memberikan dampak signifikan? Yuk simak cara memotivasi karyawan berikut ini, biar karyawan Anda bisa menjadi SuperTEAM yang solid!

Pentingnya Memotivasi Karyawan

Anda pasti pernah berpikir, dalam sebuah bisnis hal yang paling diutamakan adalah produk/jasa yang ditawarkan. Hal ini memang benar, tapi ada faktor lain yang tidak kalah pentingnya, yaitu right people atau karyawan.

Sebagai salah satu aset terpenting di bisnis, team Anda harus punya motivasi kerja yang tinggi dan punya visi serta misi yang sama untuk menggerakkan bisnis. Oleh karena itu, Anda sebagai pemilik bisnis juga turun andil untuk memotivasi karyawan agar bekerja optimal.

Dengan memotivasi team, maka kerjasama di bisnis Anda bisa berjalan lebih efektif, dimana customer dapat terlayani dengan baik, hubungan dengan supplier bisa tetap terjaga, dan money bisa tetap masuk ke bisnis Anda. Dengan begitu, Anda bisa punya SuperTEAM di bisnsi Anda.

Baca juga:

Cara Memotivasi Karyawan

Sekarang, Anda sudah mengetahui pentingnya karyawan di bisnis Anda. Untuk itu, Anda harus bisa memotivasi karyawan supaya dapat bekerja lebih nyaman dan terlatih untuk bekerjasama dengan yang lainnya.

Menurut Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly, cara memotivasi karyawan yang baik bisa dilakukan melalui cohesion, yaitu situasi/kegiatan yang bertujuan untuk menggabungkan karyawan Anda menjadi sebuah tim yang solid. Kegiatan ini bisa dilakukan dalam 2 kegiatan, yaitu:

  1. Team Ritual

Karyawan adalah salah satu aset penting yang memiliki peran krusial di bisnis Anda. Untuk menjaga kinerja karyawan tetap maksimal, Anda harus membuat situasi atau lingkungan kerja yang fun, namun tetap serius dalam menjalankan pekerjaan.

Lingkungan kerja yang fun bisa Anda bangun melalui team ritual, yaitu kegiatan yang dilakukan secara rutin oleh karyawan dan dilakukan secara bersama-sama, atau bisa berkelompok.

Misalnya Anda bisa membuat peraturan dimana setiap hari Senin karyawan bebas memakai pakaian apa saja. Hal sekecil ini dapat membangun rasa kenyamanan karyawan terhadap budaya kerja yang lebih santai dan tidak monoton.

Lalu, Anda juga bisa membuat kegiatan yang dapat mengenal karyawan satu sama lain secara personal, misalnya melalui HUGGing (Having Unity in Gratitude to God). Dengan kegiatan semacam ini, team Anda bisa saling mengungkapkan rasa syukurnya dan bisa mengetahui apa saja hal yang dihadapi rekan kerja secara lebih mendalam.

Cara Memotivasi Karyawan
  1. Team Events

Hubungan sesama karyawan di bisnis Anda tidak sebatas di tempat kerja. Untuk itu, Anda bisa memotivasi karyawan melalui kegiatan team events yang tentunya fun dan bisa dilakukan diluar kantor.

Misalnya, Anda bisa melakukan kegiatan outbound yang dilakukan setiap 6 bulan sekali. Kegiatan semacam ini akan menumbuhkan rasa kebersamaan serta kenyamanan karyawan terhadap bisnis Anda.

Lalu, jika karyawan Anda mencapai atau bahkan melampaui target bulanan, Anda bisa menghadiahkan mereka dengan paket annual celebration trip yang diadakan di luar kota. Hal ini akan mendorong karyawan untuk bekerja lebih maksimal lagi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *