Repeat Customer

Bikin Betah! Tips Buat Customer Anda Loyal Dengan Strategi Repeat Customer!

Repeat Customer atau artian sederhananya adalah customer loyal yang selalu kembali untuk membeli di bisnis Anda serta tidak pindah hati ke bisnis lain. Tentu hal ini adalah tujuan dari semua pemilik bisnis, termasuk Anda. Anda pun sebagai pemilik bisnis tentu berusaha menjaga “hati” para pelanggan supaya tetap setia kembali membeli di bisnis Anda.

Seberapa Penting Repeat Customer Dalam Bisnis?

Sudah sangat jelas, repeat customer sangat mudah mendatangkan profit bagi bisnis Anda. Repeat customer juga sangat mengenal produk Anda, entah itu pada bagian harga, kualitas produk, bahkan sampai ke bagaimana produk tersebut dibuat.

Anda juga lebih mudah berjualan ke repeat customer daripada ke konsumen baru. Hal ini bisa dilihat dari tingkat conversion rate customer repeat yang cukup tinggi.

Lalu, Bagaimana Menerapkan Strategi Repeat Customer Yang Efektif?

Anda sudah mengetahui pengaruh strategi repeat customer bagi keberlangsungan bisnis Anda. Lalu sekarang, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana menerapkan strategi repeat customer supaya customer tetap loyal dan kembali membeli produk?

Baca Juga:

Menurut Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly, ada 3 cara praktis meningkatkan penjualan melalui strategi repeat customer:

Weekly/Monthly Special

Pada bagian ini, tentu Anda sebagai pemilik bisnis memiliki data customer Anda bukan? Entah itu database sistem komputer, ataupun pada nota/catatan penjualan Anda.

Dari sini, Anda bisa mencari tau siapa customer yang jarang membeli produk Anda. Contoh kecilnya,. Anda bisa mengirimkan promo melalui media sosial, ataupun melalui email ke customer Anda. Usahakan untuk menawarkan produk yang fast moving item dalam promosinya. Mengapa? Karena lebih mudah memancing customer dengan produk fast moving dibanding slow moving!

Perlu diketahui, Anda bisa melakukan promosi ini dalam jangka waktu mingguan, bulanan, atau dilakukan bergantian! Dengan melakukanya secara rutin, sangat mungkin bagi Anda mendapatkan repeat customer yang loyal membeli produk Anda!

Stimulating Loyalty Program

Mungkin Anda sudah sering mendengar mengenai program/promosi yang dilakukan pemilik bisnis, seperti cuci motor/mobil 10 kali, gratis 1 kali pencucian! Anda pasti berpikir, melakukan 10 kali pencucian demi 1 layanan gratis adalah hal yang cukup berat. Customer Anda tentu menginginkan promosi tersebut dilakukan dibawah 10 kali pencucian, tapi sudah dipastikan Anda sebagai pemilik bisnis tidak mau rugi juga kan!

Voucher Coupon Gift Certificate Discount Concept

Dari studi kasus tersebut, Anda bisa menerapkan stimulating loyalty program. Jadi, Anda bisa mengubah promosi tersebut menjadi 20 kali pencucian, gratis 1 kali. Disini memang terlihat jumlah effort yang dilakukan customer Anda bertambah, namun Anda terapkan lagi “promosi dalam promosi”, yaitu bagi customer baru, maka pencucian pertama dihitung ke 11.

Jadi, customer baru tinggal melanjutkan 9 pencucian lagi untuk mendapatkan 1 layanan gratis. Disini, Anda sudah melakukan trik psikologis kepada customer untuk menjadikannya repeat customer!

Milestone Loyalty Program

Cara terakhir untuk menjadikan customer Anda menjadi repeat customer adalah dengan menerapkan milestone loyalty program. Sederhananya, Anda memberikan “reward” setiap berapa kali customer Anda melakukan pembelian.

Contohnya, di bisnis F&B all you can eat, Anda bisa memberi reward potongan harga 20% untuk 3 kali pembelian, lalu di pembelian ke-6 akan mendapatkan reward tambahan waktu makan 30 menit, dan di pembelian ke-10 Anda bisa memberikan potongan harga sampai 50%!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *