strategi penjualan online

3 Strategi Penjualan Online Ini Bikin Omzet di Bisnis Anda Meningkat!

Mau penjualan bisnis Anda meningkat berkali lipat dan menjangkau calon customer yang lebih luas melalui online? Terapkan 3 strategi penjualan online ini agar omset Anda bisa melejit!

Mengapa Harus Pemasaran Online?

Seiring perkembangan zaman, gaya berbelanja masyarakat juga perlahan berubah. Jika dulu calon customer lebih suka berbelanja di toko secara langsung, maka di zaman sekarang calon customer cenderung lebih suka berbelanja secara praktis dan mudah, yaitu berbelanja secara online.

Melihat perubahan ini, pemilik bisnis harus mengganti strategi pemasaran yang lebih relevan, yaitu menggunakan strategi penjualan online.

Baca juga:

Strategi Penjualan Online

Anda bisa menerapkan strategi penjualan online untuk menjangkau calon konsumen secara online. Strategi ini adalah GRATYO® Internet & Digital Marketing Framework yang dicetuskan oleh Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly. Strategi penjualan online ini terdiri dari 3 langkah, yaitu:

Langkah 1: EXISTENCE

Langkah ini bertujuan membuat bisnis Anda hadir atau exist di mana calon konsumen berlalu lalang pada ekosistem di internet.

Pertama, Anda bisa exist di hasil pencarian Google ketika calon konsumen mengetik keyword melalui teknik Search Engine Domination SED. Melalui teknik SED, Anda bisa mendominasi hasil pencarian google dengan membuat artikel dari domain website sebanyak-banyaknya.

Untuk meningkatkan peluang pencarian website Anda, maka Anda bisa mengoptimasi keyword melalui Search Engine Optimization (SEO). Anda bisa mengoptimasi dengan membuat keyword yang relevan dengan produk/jasa di bisnis Anda.

Anda juga bisa menerapkan SED di luar platform pencarian google, seperti di ecommerce dan social media platform (Instagram, Facebook, Tiktok).

strategi penjualan online

Langkah 2: INTERCEPTION

Selanjutnya, Anda bisa “mencegat” atau meng-intercept calon customer yang berlalu lalang di internet untuk datang ke toko Anda, dalam hal ini website/toko di marketplace Anda.

Cara pertama adalah dengan menerapkan Search Engine Marketing (SEM), dimana marketing campaign Anda dapat berjalan sehingga iklan Anda bisa muncul di halaman teratas pencarian google.

Selain itu, Anda juga bisa menerapkan Social Media Marketing (SMM). Sama seperti SEM, campaign ini bisa berjalan di sosial media yang Anda pilih, seperti Facebook Ads, Instagram Ads, dan lainnya.

Langkah 3: RELTRANSION

Strategi ini bertujuan untuk membangun hubungan yang baik antara Anda sebagai pemilik bisnis dengan customer.

Anda bisa memulainya dari e-Mail Marketing (e–MM). Disini, Anda bisa meminta informasi mengenai customer dan memasukkannya di email marketing yang ada di internet seperti GetResponse, Aweber, dan lain-lain.

Lalu yang kedua, Anda bisa menginfokan informasi yang penting kepada konsumen melalui instant messaging platform (e-Systemized Instant Messaging/e-SIM) seperti WhatsApp, Telegram, dan lainnya.

Lalu yang ketiga, ketika calon customer sudah menjadi customer Anda, maka Anda perlu menjaga relasi tersebut (e-Customer Relationship Management/e-CRM).

Untuk itu, dibutuhkan software yang dapat membantu Anda menjalin relasi dengan customer, misalnya seperti SalesForce, InfusionSoft, dan lain-lain.

Sudah tahu kan strategi penjualan online yang benar itu seperti apa? Yuk segera terapkan!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *