bisnis autopilot

3 Rahasia Bangun Bisnis Autopilot agar Bisnis Anda bisa Jalan Sendiri!

Capek harus ke kantor setiap hari agar bisnis bisa tetap berjalan? Ingin punya waktu luang yang banyak, tapi Anda tidak bisa meninggalkan bisnis? Yuk belajar 3 langkah bangun bisnis autopilot agar bisnis bisa jalan sendiri dan pemilik bisnis bisa jalan-jalan!

Penyebab Bisnis Belum Autopilot!

Selama ini, Anda sebagai pemilik bisnis mungkin merasa, bahwa sebagai seorang pemimpin Anda harus hadir untuk memantau karyawan Anda bekerja. Anda memiliki anggapan bahwa Anda adalah pusat dari bisnis itu sendiri, sehingga bisnis tidak bisa jalan tanpa kehadiran Anda.

Tanpa disadari, Anda terjebak dalam bisnis sendiri. Setiap hari, Anda harus ke kantor hingga tidak bisa menikmati waktu bersama keluarga.

Untuk itu, Anda harus bisa membangun bisnis yang bisa berjalan sendiri atau bisnis yang autopilot. jika Anda sudah berhasil membuat bisnis menjadi autopilot, maka Anda bisa mendapatkan kebebasan waktu walau Anda tidak hadir di bisnis.

Baca juga:

3 Langkah Bangun Bisnis Autopilot

Untuk bisa bangun bisnis yang autopilot, Anda harus punya sistem di bisnis. Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly menjelaskan ada 3 langkah bangun sistem agar bisnis Anda bisa autopilot!

Flowism

Membangun sistem di bisnis dapat diibaratkan sebagai alur pencernaan manusia, yang diawali dari mulut dan diakhiri melalui belakang.

Pada langkah pertama, Anda harus membuat flow bisnis mulai dari awal calon customer datang hingga customer  telah membeli. Anda harus bisa mengeluarkan semua yang ada di isi kepala Anda sebagai pemilik bisnis. Setelah itu, Anda bisa menjelaskannya kepada karyawan Anda secara lisan.

bisnis autopilot

Organism

Setiap organ tubuh manusia sudah pasti memiliki fungsi serta tanggung jawabnya masing-masing. Di langkah kedua ini, Anda harus memastikan bahwa karyawan Anda sudah menjalankan tugas serta tanggungjawabnya sesuai divisinya masing-masing.

Mechanism

Mekanisme dapat diartikan sebagai sistem antar organ atau departemen di bisnis. Melalui mekanisme, Anda dapat berkoordinasi dengan baik, sehingga dapat mengurangi miscommunication antar departemen.

Mekanisme ini penting dalam sebuah bisnis. Anda sebagai pemilik bisnis mungkin kerepotan untuk terus memantau hasil pekerjaan. Anda harus turun langsung agar komunikasi antar divisi lancar dan tidak terjadi kesalahan.

Hal ini membuat bisnis Anda tidak autopilot! Dengan membuat mechanism, Anda tidak perlu khawatir bisnis Anda mengalami gangguan, karena tim Anda sudah bisa berkoordinasi dan bisnis Anda pun bisa autopilot!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *