analisa pasar

3 Langkah Analisa Pasar agar Strategi yang Anda Terapkan Tepat Sasaran

Sudah melakukan banyak strategi pemasaran, tapi target customer yang datang tidak sesuai dengan yang diharapkan? Yuk belajar cara analisa pasar agar strategi yang Anda terapkan bisa tepat sasaran!

Mengapa Harus Melakukan Analisa Pasar?

Sebelum menawarkan produk atau jasa, pemilik bisnis harus tahu siapa saja yang memiliki potensi membeli di bisnis Anda.

Hal ini bisa diibaratkan sebagai seorang pemburu yang ingin menembak burung yang terbang. Pemburu bisa saja menembak semua burung yang terbang dihadapannya,namun belum tentu burung yang ditembak adalah burung yang berkualitas dan dibutuhkan oleh si pemburu. . Tetapi, jika pemburu sudah mengetahui karakteristik burung yang ingin ditembak, maka kemungkinan ia mendapatkan burung yang berkualitas pun juga lebih besar.

Sama halnya dengan di bisnis. Jika Anda sudah mengetahui siapa target customer yang potensial, maka strategi pemasaran yang Anda terapkan bisa lebih akurat membawa caloncustomer yang sesuai di bisnis Anda.

Bagaimana Cara Analisa Pasar?

Anda bisa mengetahui siapa target customer utama di bisnis melalui 3 langkah analisa pasar oleh Global Awards Winning Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly sebagai berikut:

Langkah 1: Buat Lingkaran

Langkah pertama dalam melakukan analisa pasar, Anda harus membuat lingkaran yang mewakili siapa saja segmen produk atau jasa di bisnis Anda.

Misalnya di sebuah bisnis es krim literan, ia membuat beberapa lingkaran yang menggambarkan segmen pasar yang membeli es krim. Semakin besar sebuah lingkaran yang ia buat, maka semakin besar juga potensi segmen tersebut menjadi customer.

Langkah 2: Fokuskan ke 1 Lingkaran

Setelah membuat lingkaran dan memilih salah 1, maka selanjutnya Anda harus fokus ke 1 lingkaran dan mengeliminasi lingkaran sisanya.

Melanjutkan dari bisnis es krim, lingkaran yang dipilih adalah keluarga yang sudah mempunyai anak, dan mungkin saja juga tinggal bersama kakek, nenek, atau pengasuh.

Setelah melakukan analisis dan brainstorming, maka pemilik bisnis eskrim ini memutuskan untuk berfokus ke Ibu yang kemungkinan merupakan orang yang punya andil besar dalam pengambilan keputusan dalam rumah tangga.

Langkah 3: Zoom in

Setelah memilih salah satu lingkaran dan memfokuskan ke ibu-ibu, maka Anda bisa melakukan zoom in secara lebih mendetail dari segi demografi, ekonomi dan geografi.

analisa pasar

Disini, Anda sudah menemukan bahwa target di bisnis Anda adalah ibu-ibu muda yang mempunyai anak TK dan selalu diantar ke playgroup atau sekolah.

Maka, selanjutnya Anda bisa mengatur strategi marketing yang cocok untuk WHO Anda, seperti pricing strategy (harga yang dibuat disesuaikan dengan pendapatan) serta lokasi yang tidak terlalu jauh dari sekolah.

Dengan menerapkan 3 langkah untuk menganalisa pasar ini, si pemilik bisnis eskrim literan akan bisa membuat strategi yang lebih akurat karena ia tahu orang seperti apa yang akan ia targetkan.

Sudah tahu kan bagaiamana caranya analisa pasar di bisnis? Yuk segera terapkan!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *