Strategi bisnis online oleh COach Yohanes G. Pauly

Waspada! 3 Kesalahan Strategi Bisnis Online yang Bikin Terjebak Perang Harga dengan Kompetitor

Anda sudah gunakan strategi bisnis online tapi penjualan tetap tidak maksimal? Bukannya malah untung tapi makin merugi karena perang harga dengan kompetitor? Waspada! Jangan-jangan Anda melakukan 3 kesalahan strategi bisnis online yang sering dilakukan oleh pebisnis ini!

Kian digemari

Banyak pebisnis yang mulai menggunakan strategi bisnis online untuk memasarkan bisnis ke customer. Berbagai keunggulan seperti bisa diakses kapan saja, dimana saja, jangkauan target yang luas serta tanpa ada batas waktu menjadikan bisnis online diminati oleh calon customer.

Tak heran ada pebisnis yang sepenuhnya fokus ke strategi bisnis online dan ada yang menjalankan strategi bisnis online dan offline secara bersamaan.

Tentunya jika pebisnis ingin bisnis online yang dijalankan bisa berhasil, mereka membutuhkan strategi bisnis online yang ampuh dan praktis sehingga bisa membuat calon customer beli.

Berbeda dengan bisnis offline, strategi bisnis online sangat berbeda karena platform dan pendekatan yang digunakan lebih kompleks. Dalam menjalankan strategi bisnis online, pebisnis harus paham dan mengerti dengan algoritma serta sistem kerja mesin dari platform yang mereka gunakan.

Ujung-ujungnya perang harga

Strategi bisnis online agar tidak perang harga
Pebisnis sering terjebak perang harga dengan kompetitor untuk menarik calon customer agar membeli di bisnis

Walaupun punya banyak kelebihan, tidak semua bisnis yang menerapkan strategi bisnis online bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Seringkali yang terjadi adalah disaat pebisnis sudah menginvestasikan waktu, tenaga, dan uang untuk menjalankan strategi bisnis online, hasil yang didapatkan malah belum maksimal atau bahkan rugi.

Salah satu penyebabnya adalah pebisnis sering terjebak perang harga dengan kompetitor untuk menarik calon customer agar membeli di bisnis. Ujung-ujungnya pebisnis malah merugi karena keuntungan yang didapat sangat tipis bahkan tidak cukup untuk tutup modal.

Tentunya strategi bisnis online dengan perang harga sangatlah tidak praktis karena merugikan pebisnis. Pebisnis membutuhkan strategi bisnis online yang bisa mendatangkan calon customer tanpa harus perang harga dengan kompetitor.

3 kesalahan strategi bisnis online

4 kesalahan yang sering dilakukan oleh pebisnis dalam bisnis online
4 kesalahan yang sering dilakukan oleh pebisnis dalam bisnis online

Permasalahan umum yang sering dialami oleh pebisnis dalam bisnis online seperti banyak potential customers namun sedikit sekali yang jadi customers, banyak calon customers yang datang ke bisnis namun sedikit yang akhirnya membeli di bisnis ataupun perang harga dengan kompetitor.

 World’s Top Certified Business Coach, Coach Yohanes G. Pauly menjelaskan 4 kesalahan yang sering dilakukan oleh pebisnis:

Tidak punya pembeda dengan bisnis lain

Kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh pebisnis adalah tidak punya discriminator, tidak punya pembeda antara bisnisnya dengan kompetitor.

Karena tidak punya discriminator, di mata customer yang membedakan antara satu bisnis dengan bisnis lain hanyalah dari segi harga. Sehingga customer akan lebih memilih untuk membeli di bisnis yang harganya lebih murah.

“Akibatnya bagi pebisnis adalah terjerumus dalam perang harga yang tidak ada habisnya, keuntungan makin menipis bahkan hampir tidak ada.” jelas Coach Yohanes G. Pauly.

Misalnya di bisnis pakaian jaket kulit, pebisnis mengkomunikasikan bahwa jaket kulit yang ia jual menggunakan bahan eksklusif dan baru pertama kali di jual di Indonesia (ingat tidak boleh bohong ya!)

Harus jadi yang paling murah supaya dibeli

Agar calon customer membeli, yang harus dilakukan adalah dengan memberikan pricing strategy di bisnis

Kesalahan kedua adalah pebisnis berasumsi bahwa barang yang ia jual harus menjadi yang paling murah supaya dibeli oleh calon customer.

Strategi bisnis online yang dilakukan ini sangat tidak efektif. Kalau selalu banting harga, kapan dapat untungnya?

Ujung-ujungnya yang terjadi adalah customer hanya akan beli kalau harganya murah, dan mereka membanding-bandingkan dengan kompetitor.

Coach Yohanes G. Pauly mengatakan bahwa jika pebisnis ingin calon customer membeli, yang harus dilakukan adalah dengan memberikan special offer, yaitu penawaran spesial agar dapat mengkonversi sebanyak mungkin calon customer menjadi customer.

Pada strategi ini dikomunikasikan bahwa ada penawaran khusus bagi calon customer tersebut. Ingat bahwa special offer adalah pricing strategy, bukan perang harga.

Misalnya di bisnis pakaian yang menjual jaket kulit dengan harga normal Rp. 600.000 namun memberikan special offer senilai Rp 400.000 saja jika sudah membeli 2 t-shirt sebelumnya

Strategi bisnis online dengan menerapkan special offer ini bertujuan agar calon customer melihat bahwa ada penawaran spesial yang diberikan sehingga tertarik untuk membeli.

Tidak membuat orang takut kehabisan

Strategi bisnis online dengan scarcity
Strategi scarcity menekankan agar calon customer membeli produk atau jasa, maka komunikasikan bahwa ada batasan jumlah produk atau jasa yang dijual

Kesalahan ketiga adalah pebisnis tidak mampu untuk menumbuhkan niat beli calon customer. Salah satu cara untuk menumbuhkan keinginan untuk membeli adalah dengan mengatakan bahwa produk yang dijual jumlahnya terbatas.

Bayangkan jika pebisnis mengatakan bahwa stok yang dijual sangat banyak, yang terjadi adalah calon customer akan menunda untuk membeli karena ia tahu tidak akan kehabisan, dan ujung-ujungnya ia malah beli di kompetitor.

Oleh sebab itu, Coach Yohanes G. Pauly menjelaskan bahwa pebisnis harus menjalankan strategi scarcity, ataukelangkaan. Strategi scarcity menekankan agar calon customer membeli produk atau jasa, maka komunikasikan bahwa ada batasan jumlah produk atau jasa yang dijual.

“Ingatkah anda dengan konsep semakin langka suatu barang maka semakin tinggi nilai jual barang tersebut? Anda harus terapkan ini di bisnis Anda.” ucap Coach Yohanes G. Pauly.

Misalnya pada bisnis pakaian tadi yang memberikan special offer seharga Rp. 400.000 dari harga normal Rp 600.000. Pebisnis memberikan penawaran bahwa jaket kulit tersebut diproduksi untuk jumlah yang terbatas.

“Apa yang terjadi? Banyak yang beli karena disatu sisi ada special offer dan disisi lain jumlahnya sangat terbatas. Ini adalah strategi bisnis online yang harus dilakukan oleh pebisnis untuk bisa menarik calon customer beli.” ucap Coach Yohanes G. Pauly.

Menariknya manusia ternyata suka sesuatu yang langka dan biasanya yang langka akan menjadi semakin mahal. Bayangkan berapa keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan strategi scarcity ini!

Baca juga:

Bisa dibeli kapan saja

Strategi bisnis online oleh Coach Yohanes G. Pauly
Caranya agar calon customer langsung membeli di bisnis adalah pebisnis harus gunakan strategi urgency

Kesalahan keempat adalah pebisnis memberikan pilihan kepada calon customer untuk membeli kapan saja. Akibatnya, calon customer berpikir dua kali untuk membeli dan membanding-bandingkan dengan bisnis lain.

Caranya agar calon customer langsung membeli di bisnis adalah pebisnis harus gunakan strategi urgency untuk menyempurnakan strategi special offer dan scarcity!

Artinya ada batas waktu yang mendesak yang membuat seseorang yang harus mengambil keputusan segera.

Contohnya adalah di bisnis pakaian yang menggabungkan ketiga strategi special offer, scarcity, dan urgency. Ia memberikan special offer seharga Rp 400.000 untuk jaket kulit yang hanya diproduksi dalam jumlah yang terbatas dan hanya akan dijual selama 3 hari saja.

Dampaknya? Dengan menggabungkan ketiga strategi tersebut, bisnis pakaian tersebut mendapatkan keuntungan yang sangat besar tanpa harus perang harga dengan kompetitor.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *